Visi dan Misi

Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (PS THP) ini dilakukan dalam pertemuan/rapat yang dipimpin oleh Ketua Jurusan / PS THP dimana penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran diturunkan sesuai dengan cita-cita yang akan dicapai dengan menggunakan Visi pada Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi 2007 dari DirJen DIKTI, Visi Universitas Mulawarman dan Visi Fakultas Pertanian. Pihak yang dilibatkan dalam perumusan visi, misi, tujuan dan sasaran jurusan/ program studi adalah dosen, pengguna lulusan seperti PT. Grean Eagle Group, Badan Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Praktisi dan asosiasi profesi (Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia, Perhimpunan Pakar Pangan dan Gizi Indonesia), mahasiswa pertemuan ini diadakan bersamaan dengan lokakarya pengembangan kurikulum jurusan/ PS-THP tahun 2015.

 

Visi Universitas

Universitas Mulawarman telah menetapkan visi jangka panjangnya sebagai Universitas berstandar internasional yang mampu berperan dalam pembangunan bangsa melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang bertumpu pada sumber daya alam (SDA) khususnya hutan tropis lembab (tropical rain forest) dan lingkungannya.

Selanjutnya, berdasarkan kondisi aktual dan permasalahan Unmul saat ini maka visi jangka menengah (2015-2019) Unmul ditetapkan menjadi Mewujudkan Unmul Menjadi Pendidikan Tinggi Unggulan yang Didukung oleh Sumber Daya dan Sistem Pengelolaan Profesional.

 

Visi Fakultas 2015-2019
Berdasarkan hasil kesepakatan pemangku kepentingan di Fakultas Pertanian dan dengan mengacu pada Visi Unmul, maka Visi Faperta tahun 2015-2019 diformulasikan sebagai Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi yang Unggul dalam Bidang Pertanian Tropika Basah.

 

 

 

Visi Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

Visi dari Jurusan THP Faperta Unmul adalah Menjadi Pusat Pengembangan Ilmu, Teknologi dan Sumberdaya Manusia yang berkualitas di Bidang Teknologi Hasil Pertanian di Kawasan Timur Indonesia pada tahun 2020.

 

 

Misi Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

Dalam rangka mewujudkan visi yang dirumuskan seperti tersebut di atas, maka dirumuskan misi Jurusan/PS THP sebagai berikut:

Misi 1 : Menyelenggarakan program pendidikan yang menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas sebagai peneliti, praktisi industri dan wirausahawan yang profesional dalam bidang teknologi hasil pertanian 

Sasaran Terciptanya iklim yang kondusif untuk meningkatkan kinerja program studi Teknologi Hasil Pertanian.

  • Terpenuhinya perangkat manajemen organisasi seperti tenaga adminsitrasi, tenaga perpustakaan.
  • Tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung untuk terciptanya kondisi proses belajar mengajar yang baik.
  • Menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi penanganan pascapanen, pengolahan dan pemasaran produk pertanian baik segar maupun olahan yang mempunyai kepribadian terbuka, mandiri, dan berwawasan global.

Misi 2 : Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu dan teknologi hasil pertanian

Sasaran 

  • Kinerja dan kualitas dosen, tenaga kependidikan dan laboran semakin baik.
  • Kualitas penelitian dipublikasikan/dipatenkan baik secara nasional maupun internasional dan mampu membantu permasalahan hasil pertanian di masyarakat.

 

Misi 3 : Berperan aktif dalam penerapan dan penyebarluasan teknologi hasil pertanian dalam rangka mendorong pembangunan daerah dan nasional. 

Sasaran 

  • Meningkatnya jumlah dan kualitas mahasiswa secara langsung maupun tidak langsung terkait dengan pengabdian kepada masyarakat