Kurikulum Program Sarjana

Tujuan

Jurusan THP Faperta Unmul merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Universitas Mulawarman. Berdasarkan peringkat rilis tahun 2016, Universitas Mulawar
man saat ini termasuk dalam 50 kelompok universitas terbaik menurut BAN-PT dan pemeringkatan tahunan Kemristekdikti. Sebagai rencana pengembangan jangka menengahnya, Universitas mulawarman berencana untuk meningkatkan sarana dan prasarana, kualitas sumberdaya manusia, relevansi terhadap capaian perguruan tinggi, dan invasi yang berguna di masyarakat dalam konteks Pola Ilmiah Pokok Hutan Tropika Basah dan Lingkungannya.

Sebagai strategi jangka panjang, Universitas Mulawarman bercita-cita untuk mewujudkan diri sebagai World Class University dalam kerangka Pusat Unggulan Ipteks di bidang kajian tropis. Kajian-kajian tropis yang telah menjadi unggulan Universitas Mulawarman berada di bidang agroforestry, produk-produk alami, isu lingkungan dan kesehatan, serta sumber daya perairan.

 

 

 

Pola Ilmiah Pokok Universitas Mulawarman

Presentasi kesesuaian Jurusan Teknologi Hasil Pertanian dengan PIP Hutan Tropika Basah dan Lingkungannya.

 

Kurikulum di Universitas Mulawarman didasarkan pada upaya pencapaian tujuan Universitas Mulawarman sebagai The World Class University berbasis keunggulan dan kearifan lokal adalah agar:

  • Universitas Mulawarman tumbuh menjadi organisasi belajar (learning organization) berbasis keunggulan dan kearifan lokal sesuai dengan Pola Ilmiah Pokok (PIP) “Hutan Tropika Basah dan Lingkungannya” untuk meningkatkan sistem dan layanan agar dapat memberikan layanan pendidikan di Indonesia pada umumnya dan di Kaltim pada khususnya dengan jaminan kualitas yang memadai;
  • Masyarakat kampus Universitas Mulawarman selalu dalam nuansa belajar dan saling membelajarkan dengan memperhatikan keunggulan dan kearifan lokal Kaltim, baik di kalangan pimpinan lembaga, dosen, mahasiswa, tenaga administrasi, teknisi dan tenaga fungsional akademik lainnya;
  • Lulusan terdidik dan berbudaya (educated and civillized learnning out comes), artinya bahwa lulusan Universitas Mulawarman memiliki keterampilan akademik, keterampilan teknikal, dan sikap akademik dan profesional yang memadai berbasis keunggulan dan kearifan lokal untuk memasuki peran sosial di masyarakat sebagai lulusan Universitas Mulawarman yang terdidik dan berbudaya dan memiliki daya saing yang tinggi.

Kurikulum Jurusan THP

Jurusan THP pada saat ini menggunakan kurikulum THP 2010 dan telah direncanakan untuk mulai menerapkan kurikulum berbasis KKNI pada Tahun Ajaran 2017/2018, dimana sebelumnya telah dilaksanakan Workshop terkait penerapan kurikulum berbasis KKNI pada tahun 2015.

 

Standar Acuan Kurikulum Jurusan THP
Standar acuan Profesi yang digunakan adalah dari Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) yang termaktub dalam buku: Standar Pendidikan Sarjanan PATPI Rev. 2015

 

Capaian Pembelajaran Lulusan

Lulusan Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman diharapkan:

  • Menjadi manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, berkepribadian mantap, dan mandiri serta mempunyai tanggung jawab kemasyarakatan dan kebudayaan.
  • Memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan landasan ilmu dan keterampilan yang dikuasainya.
  • Mampu melakukan penanganan pasca panen dan mengolah hasil pertanian.
  • Mempunyai pengetahuan tentang komposisi dan sifat-sifat hasil pertanian.
  • Dapat melakukan analisis fisiko-kimia hasil pertanian, dan mengolah hasil pertanian.
  • Mampu melaksanakan penelitian dengan menggunakan kaidah-kaidah ilmiah untuk menjawab persoalan di bidang teknologi hasil pertanian
  • Dapat merancang, menjalankan dan melakukan pengawasan terhadap jalannya suatu kegiatan industri pertanian, serta dapat memberikan saran tentang penanganannya sehingga diperoleh hasil pertanian yang aman dan mempunyai kualitas sesuai standar yang ditetapkan.

Kompetensi pendukung lulusan Jurusan/PS THP adalah:

  • Dapat memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.
  • Mempunyai daya juang dan daya saing yang cukup untuk bersaing di dunia kerja.
  • Memahami perkembangan dan peran pertanian dalam kehidupan manusia dan ketahanan nasional.
  • Memahami prinsip-prinsip ekonomi dalam interaksi kehidupan untuk komoditas pertanian dalam
  • perdagangan regional dan internasional.
  • Mampu menyampaikan buah pikiran secara lisan dan tertulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 

SKS yang Ditempuh

Jenis Mata Kuliah SKS Total SKS Kuliah SKS Tugas Akhir Keterangan
Teknologi Hasil Pertanian
Mata Kuliah Wajib 125 112 13 Termasuk tugas akhir (13 sks)
Mata Kuliah Pilihan 19 49 MK Pilihan yang tersedia adalah sebanyak 49 SKS
Jumlah Total 144

 

Program Pertukaran Kredit

Jurusan THP Faperta Unmul terlibat aktif dalam Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA). Mahasiwa yang diperkenankan untuk terlibat dalam program ini adalah yang telah berada di semester 5-7. Saat ini ujicoba program sejenis PERMATA telah dilakukan dengan mengirimkan dua mahasiswa THP ke Unpad untuk mengikuti kegiatan penelitian bersama di tahun 2017.

Tahap lanjutan adalah dengan mengirimkan mahasiswa ke empat perguruan tinggi yang terlibat dalam Program Pengembangan Kampus 4 in 1 dengan Dana IDB, yaitu ke universitas tujuan: Universitas Jember, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Panduan Program PERMATA (edisi 2016)

 

Pengembangan Standar Kurikulum

Jurusan THP Faperta Unmul menerapkan kurikulum berstandar KKNI (competence-based curriculum). Saat ini, Jurusan THP Faperta Unmul dalam tahap penyesuaian menuju penerapan KKNI secara menyeluruh dengan bantuan program peningkatan kurikulum oleh Universitas Mulawarman melalui pendanaan Hibah IDB tahun 2017-2019. Tahapan Pengembangan tersebut meliputi:

  • Kegiatan Technical assistance, berupa workshop dengan 3 pembicara nasional.
  • Analisis kebutuhan Kurikulum melalui a.l. kegiatan studi penelusuran alumni (tracer study), analisis kurikulum berjalan dan pengintegrasian PIP ke dalam kurikulum setiap prodi.
  • Studi banding (Comparative Study)
  • Pengembangan paradigma baru Kurikulum: FGD dan workshop
  • Pengembangan Standar Kompetensi Lulusan: FGD dan workshop
  • Pengembangan Standar Isi: FGD dan workshop
  • Pengembangan Standar Proses Pembelajaran: FGD dan workshop
  • Pengembangan Standar Penilaian: FGD dan workshop
  • Pengembangan struktur dan deskripsi kurikulum program studi: FGD dan workshop
  • Pengembangan perangkat kurikulum program studi: FGD dan workshop
  • Pengembangan bahan ajar mata kuliah: a.l. hibah buku dan teaching grant
  • Review dan workshop evaluasi kurikulum.
  • Pengembangan instrumen quality assurance implementasi kurikulum: benchmarking, FGD, seminar, dan workshop