Unit Penjaminan Mutu

Unit penjaminan mutu adalah gugus kerja yang berfungsi untuk menjamin mutu pendidikan semua program studi yang diselenggarakan di Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian. Oleh karena itu, diharapkan kepada mahasiswa, dosen, dan alumni secara periodik untuk melakukan penilaian terhadap kinerja Jurusan THP Faperta Unmul

Kebijakan Mutu

Unit Penjaminan Mutu Jurusan/PS THP memandang perlu untuk menampilkan dokumen kebijakan mutu berdasar kebijakan mutu yang diberlakukan di Universitas Mulawarman

Standar Mutu

Untuk menjamin dan meningkatkan pelaksanaan tridarma perguruan tinggi di tingkat program studi, Unit Penjaminan Mutu Jurusan/PS THP mengacu pada pedoman akreditasi dan standar mutu yang dikeluarkan oleh BAN-PT. Peningkatan pelaksamaan tridarma perguruan tinggi dilakukan secara bertahap pada delapan standar mutu sesuai dengan amanat UU no 12 tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi dan Permenristekdikti no 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Untuk menjamin hal tersebut, maka Unit Penjaminan Mutu Jurusan/PS THP memandang perlu untuk menampilkan dokumen-dokumen terkait yang diperoleh dari berbagai sumber:

Monitoring Program dalam rangka Pencapaian Standar Mutu

Monitoring program dalam rangka pencapaian standar mutu dilakukan berdasarkan Laporan Kinerja PS THP dan Laporan Kinerja Laboratorium.

Evaluasi Pencapaian Standar Mutu

Pengukuran kepuasan para pemangku kepentingan terhadap layanan manajemen PS THP dilakukan dengan pengisian kuesioner secara berkala setiap tahun akademik penuh dengan menggunakan skala linkert. Responden yang merupakan mahasiswa aktif PS THP dosen aktif PS THP, tenaga kependidikan, lulusan, pengguna, dan mitra, mengisi kuesioner kepuasan pelayanan melalui google form yang tersedia di Website PS THP secara terpadu.

Tracer Study

Kuesioner Tracking Alumni Teknologi Hasil Pertanian

Instrumen Pengukuran Kepuasan Pengguna

  1. Kepuasan para pemangku kepentingan (mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, lulusan, pengguna dan mitra) terhadap layanan manajemen
  2. Kepuasan mahasiswa terhadap layanan kemahasiswaan
  3. Kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap layanan pengelolaan dan pengembangan SDM
  4. Kepuasan sivitas akademika terhadap layanan pengelolaan keuangan maupun sarana dan prasarana
  5. Kepuasan mahasiswa terhadap layanan dan pelaksanaan proses pendidikan
    Terhadap Pelayanan Tendik
    Terhadap Pelayanan Dosen
    Terhadap Sarana dan Prasarana
  6. Kepuasan peneliti dan mitra kegiatan penelitian terhadap layanan dan pelaksanaan proses penelitian
  7. Kepuasan pelaksana dan mitra kegiatan PkM terhadap layanan dan pelaksanaan proses PkM
  8. Kepuasan pengguna lulusan dan mitra kerja terhadap kinerja lulusan