Hasil Kuesioner Penilaian

Instrumen

  1. Kepuasan para pemangku kepentingan (mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, lulusan, pengguna dan mitra) terhadap layanan manajemen
  2. Kepuasan mahasiswa terhadap layanan kemahasiswaan
  3. Kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap layanan pengelolaan dan pengembangan SDM
  4. Kepuasan sivitas akademika terhadap layanan pengelolaan keuangan maupun sarana dan prasarana
  5. Kepuasan mahasiswa terhadap layanan dan pelaksanaan proses pendidikan
    Terhadap Pelayanan Tendik
    Terhadap Pelayanan Dosen
    Terhadap Sarana dan Prasarana
  6. Kepuasan peneliti dan mitra kegiatan penelitian terhadap layanan dan pelaksanaan proses penelitian
  7. Kepuasan pelaksana dan mitra kegiatan PkM terhadap layanan dan pelaksanaan proses PkM
  8. Kepuasan pengguna lulusan dan mitra kerja terhadap kinerja lulusan

Hasil Penilaian

Pengukuran kepuasan para pemangku kepentingan terhadap layanan manajemen PS THP dilakukan dengan pengisian kuesioner secara berkala setiap tahun akademik penuh dengan menggunakan skala linkert. Responden yang merupakan mahasiswa aktif PS THP dosen aktif PS THP, tenaga kependidikan, lulusan, pengguna, dan mitra, mengisi kuesioner kepuasan pelayanan melalui google form yang tersedia di Website PS THP secara terpadu.
Kepuasan mahasiswa terhadap layanan PS PS THP dilakukan melalui pengisian kuesioner. Pengisian kuesioner dilakukan berkala setiap satu tahun akademik penuh, dan diolah secara menyeluruh sesuai dengan kebutuhan informasi. Responden yang merupakan mahasiswa aktif PS THP, mengisi kuesioner kepuasan pelayanan melalui form yang tersedia.
Indikator yang diuji meliputi (1) Kejelasan informasi yang diberikan (2) tingkat pelayanan kemahasiswaan (3) dukungan terhadap kegiatan kemahasiswaan (4) kecepatan tanggapan terhadap keluhan mahasiswa.
Sistem penilaian kepuasan pengguna terhadap layanan pengelolaan dan pengembangan SDM PS THP dinilai berdasarkan tiga aspek, yakni (1) Perencanaan, rekrutmen, seleksi, penempatan, pengembangan, retensi, pemberhentian, dan pensiun telah ditetapkan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, dan PkM. (2) Kegiatan pengembangan seperti: studi lanjut, seminar, konferensi, workshop, simposium, dll. (3) Skema pemberian reward and punishment, pengakuan, mentoring yang diimplementasikan untuk memotivasi dan mendukung pelaksanaan tridharma. Responden yang terdiri dari dosen aktif dan tenaga kependidikan mengisi kuesioner berkala setiap satu tahun akademik penuh
Pengukuran kepuasan sivitas akademik yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan PS THP dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan pengisian melalui form yang tersedia di website PS THP. Instrumen pengambilan data atau kuesioner penilaian berisi deskripsi mengenai pengukuran Kepuasan sivitas akademik terhadap Layanan Pengelolaan Keuangan, Sarana dan Prasarana mencakup aspek pemenuhan segala kegiatan pendidikan, penelitian, PkM, dosen dan mahasiswa dan kegiatan akademik serta kegiatan peningkatan pembelajaran dan peningkatan suasana akademik maupun non akademik lainnya. Pengisian kuesioner dilakukan secara berkala. Berdasarkan persentase yang disajikan pada gambar x, 37 % responden menyatakan sangat baik, 55% menyatakan baik dan 8 % menyatakan cukup.
Pengukuran kepuasan pengguna (mahasiswa) terhadap dosen, dan tenaga kependidikan PS THP Unmul diimplementasikan dalam pengisian kuesioner dengan skala likert. Waktu pengukuran dilakukan pada mahasiswa secara berkala melalui link yang tersedia di website PS THP. Aspek pengukuran kepuasan Pengguna dalam pengukuran kepuasan terdiri dari keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), kepastian (assurance), empati (empathy) dan tangible.
Metode pengukuran kepuasan pengguna yang terdiri dari peneliti dan mitra kegiatan penelitian dinilai berdasarkan hasil kuesioner. Pengukuran kepuasan dimaksudkan untuk mendapatkan umpan balik tingkat kepuasan peneliti dan mitra kegiatan terhadap layanan dan pelaksanaan proses penelitian PS THP dan hasilnya dapat dijadikan sebagai pertimbangan perbaikan dari kesenjangan dan perencanaan yang ditargetkan. Indikator yang diuji meliputi kesesuaian peta jalan yang memayungi tema penelitian yang dikerjakan di PS THP.
Kepuasan pengguna yang terdiri dari pelaksana dan mitra kegiatan penelitian dinilai berdasarkan hasil kuesioner. Data yang didapatkan disajikan secara deskriptif dengan mengumpulkan, menganalisis dan menyajikan data yang sesuai dengan kebutuhan. Kuesioner disajikan dalam bentuk pertanyaan menggunakan skala linkert dengan kriteria (1) Kurang Baik, (2) Cukup, (3) Baik, (4) Sangat Baik. Indikator yang diuji meliputi pengukuran kepuasaan pelaksana dan mitra kegiatan PkM terhadap layanan dan pelaksanaan kegiatan yang mencakup unsur kesesuaian pelaksanaan kegiatan dengan pelaksanaan kegiatan PkM.