Deskripsi Mata Kuliah

Agama (2-1 SKS)
Terbinanya mahasiswa yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlaq mulia, memiliki etos kerja, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan kehidupan, serta ikut mengembangkan pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan bangsa dan Negara

Pancasila (2-0 SKS)
Memahami Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu yang terbentuk dalam sikap inklusif, toleran dan gotong royong dalam keragaman agama dan budaya

Bahasa Indonesia (2-0 SKS)
Tata bahasa, sintaksis, ejaan, logika bahasa, penyusunan kalimat dan paragraf, sistematika penulisan karya ilmiah, pengggunaan istilah baku, serapan dari bahasa asing, lokal. Metode Pembuatan ringkasan

Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (2-0 SKS)
Penduduk, masyanakat dari kebudayaan (Pertumbuhan penduduk dari migrasi; perkembangan kebudayaan, pranata dari (Konsep jati diri, fungsi bentuk dari sistem keluarga): Pemuda dari sosialisasi, (Internalisasi, belajar, spesialisasi; internalisasi, belajar, spesialisasi; Peranan Perguruan Tinggi, ke-luarga dan masyarakat sebagai lembaga pendidikan); Warga negara dan Negara (Hukum negara dan pemerintahan; hak dan kewajiban warga negara; Kesadaran Hukuni dan Politik); Pelapisan dan kesamaan derajat; Masyarakat (Konsep masyarakat perkotaan-pedesaan-industri; pengaruh antar masyara-kat kota-desa industri); Pertentangan sosial dan integrasi dan kesatuan nasio-nal): Ilmu Pengetahuan (konsep science; Teknologi tepat guna dan modern; konsep kemiskinan; pengaruh teknologi terhadap masyarakat).

Bahasa Inggris Pertanian (2-1 SKS)
Penggunaan bahasa Inggris disesuaikan dengan taraf intermediate dan preadvanced. Penggunaan ditekankan pada kemampuan memahami bacaan ilmiah dan penambahan perbendaharaan kata serta ungkapan dalam bahasa Inggris sebanyak 4000-5000 kata.  Struktur kalimat (tata bahasa) diberikan sesuai dengan bacaan ilmiahnya.

Kewarganegaraan (2-0 SKS)
Pendidikan kewarganegaraan bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan pengertian serta kesadaran Pertahanan Kemanan Nasional (HANKAMNAS), lingkungan mahasiswa dalam rangka Ketahanan Nasional (TANNAS), disamping membantu memupuk dari meningkatkan kesadaran disiplin nasional.  Untuk itu kepada mahasiswa diberikan pengertian dari pemahaman tentang pengantar kewiraan, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dari Politik Strategi Pertahanan Keamanan Nasional sebagai landasan dalam memahami sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta.

Pengantar Ilmu Pertanian Tropika Basah (2-0 SKS)
Membahas pengertian dari sejarah perkembangan pertanian. Sistem pertanian tropika basah. Peranan sistem pertanian tropika basah dalam pembangunan yang mencakup kegiatan peningkatan pendapatan dari kesejahteraan masyarakat, penanganan pasca panen hasil pertanian tropika basah, pengembangan industri dan industrialisasi pertanian. 

Biologi Hasil Pertanian (2-1 SKS)
Mata kuliah ini membahas Biologi sebagai ilmu, ciri-ciri kehidupan, Organisasi kehidupan,  Sel sebagai organisasi kehidupan terkecil, metabolism sel, foto sintesis, pembelahan sel. Genetika sel, Organisasi kehidupan, Klasifikasi, fungsi organ dan system organ, reproduksi, perkembangan, fisiologi  serta perilaku pada hewan dan tumbuhan.  Ekologi. Biosfer, dan keseimbangan lingkungan.

Kimia Hasil Pertanian I (2-1 SKS)
Ruang lingkup meliputi pengertian dasar tentang zat beserta jenis, sifat dan perubahan zat, perkembangan teori atom, konfigurasi electron, system periodic undur, ikastan kimia dan tata nama senyawa kimia, hokum-hukum dasar kimia dan persamaan reaksi, konsep mold an stoikiometri, teori asam basa, perhitungan pH, kesetimbangan kimia, larutan buffer, reaksi redoks, kimia inti, pengantar kimia organik dan kimia pertanian.

Matematika (2-0 SKS)
Ruang lingkup matakuliah ini meliputi Himpunan, Relasi dan Fungsi, Barisan dan Deret, Aljabar Matriks, vector, logika, Limit, Turunan dan Penggunaannya, Integral dan penggunaannya, kalkulus integral.

Dasar-dasar manajemen (2-0 SKS)
Pengertian dan konsep manajemen; sejarah dan tokoh-tokoh manajemen, perkembangan ilmu manajemen; fungsi manajemen, sumberdaya manajemen, pemimpin dan kepemimpinan, perencanaan, pengorganisasian meliputi; organisasi, departementalisasi, staf dan panitia, degladasi; penyusunan personalia, pengarahan meliputi; directing, leading, coordinating,motivating dan controlling; analisis praktek manajemen di Indonesia dan negara-negara maju.

Mikrobiologi Hasil Pertanian (2-0 SKS)
Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip mikrobiologi yang meliputi sejarah perkembangan mikrobiologi, penggolongan mikroorganisme (Prokariotik dan eukariotik), Bakteri, Fungi, Protozoa, algae, virus, metabolisme mikroorganisme, nutrisi dan kultivasi mikroorganisme, pertumbuhan mikroorganisme, pengendalian mikroorganisme, genetika mikroorganisme, dan peranan mikroorganisme dalam kehidupan manusia.

Fisika Hasil Pertanian (2-1 SKS)
Mekanika sistem satuan, besaran skalar/vektor, hukum Newton, prinsip kesetimbangan. Liquid sifat zat cair statik, zat cair mengalir, fenomena molekul tegangan permukaan. Termodinamika panas dan tempratur, transformasi energi, transformasi panas.  Fisika modern teori quantum, radiasi nuklir.

Kimia Analitik untuk Riset Hasil Pertanian (2-0 SKS)
Ruang lingkup kimia analitik, dasar-dasar kimia analitik, menampilkan dan mengolah data, analisis gravimetri, titrimetri, spektrofotometri, elektroforesis dan kromatografi.

Pengantar Teknologi Pertanian (2-0 SKS)
Mata kuliah ini membahas pengertian teknologi pertanian, sejarah pengenalan teknologi pertanian, peran ilmu dan teknologi pertanian serta ilmu-ilmu yang mendukung bidang teknologi pertanian, pengenalan bahan pangan sebagai pendukung kesehatan dan bahan baku industri, teknik-teknik pengolahan, perkembangan industri teknologi pertanian dalam pengolahan bahan pangan, posisi teknologi pangan dalam penciptaan nilai tambah, konsep ketahanan  dan kedaulatan pangan, mutu dan keamanan pangan, karir di bidang teknologi pangan.

Kewirausahaan (2-0 SKS)
Wawasan wirausaha, menumbuhkan jiwa teknopreneurship, strategi dan tantangannya. Pendirian dan kiat pengelolaan industri. Standarisasi dan sertifikasi produk industry hasil pertanian.

Aplikasi Komputer untuk Industri Pertanian (0-2 SKS)
Mengenal fungsi dan penggunaan internet. Pemrograman website, program simulasi dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Mikrobiologi Pengolahan Hasil Pertanian (2-0 SKS)
Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip mikrobiologi pangan, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan mikroba selama proses pengolahan pangan (pengaruh suhu, aktivitas air, bahan pengawet, dan radiasi terhadap aktivitas mikrobia), mikroorganisme dalam berbagai produk pertanian, fermentasi bahan pangan, peran mikroba yang menguntungkan dalam pangan fermentasi dan food-borne diseases.

Kimia Hasil Pertanian II (2-0 SKS)
Pengetahuan mengenai sifat-sifat kimia bahan hasil pertanian yang meliputi karbohidrat, lipid, protein, vitamin, mineral, air, komponen bioaktif tanaman dan hewan, antinutrisi dan toksin, flavor, food additives, dan perubahan-perubahan yang terjadi pada komponen-komponen tersebut sebagai akibat faktor-faktor lingkungan (suhu, kelembaban, pH dan lain-lain).

Kimia Fisik Hasil Pertanian (2-0 SKS)
Ruang lingkup mata kuliah meliputi dasar termodinamika, molekul, kinetika, sifat-sifat fase, permukaan, Kristal, polimer, dispersi, koloid dan emulsi

Sifat Fisik Hasil Pertanian (2-0 SKS)
Karakteristik fisik, dan fisiologis bahan hasil pertanian. Dimensi dan bentuk, densitas dan bobot jenis, viskositas, sifat permukaan bahan pangan. Pembentukan gel pada karbohidrat dan protein. Konsep dasar rheologi dan sifat-sifat rheology serta aktivitas air.

Satuan Operasi (2-1 SKS)
Pendahuluan, rekayasa proses pengolahan bahan pangan untuk peningkatan nilai tambah dan penganekaragaman produk, ruang lingkup penguasaan suatu proses operasi dalam bentuk filosofi diagram kotak hitam. Hukum dasar tentang neraca bahan, satuan, jasa ideal, pergerakan energi, proses kinetik daya keseimbangan. Mekanika fluida dan transportasi bahan cair.

Biokimia Hasil Pertanian (2-0 SKS)
Pengertian biokimia, struktur dan fungsi biomolekul, fotosintesis dan biosintesis molekul sederhana, metabolisme energi (karbohidrat, protein, dan lemak), ekspresi gen

Statistika Pertanian (2-1 SKS)
Deskripsi dan manfaat statistika. Notasi-notasi statistika, pemusatan dan keragaman data serta kegunaannya (dalil Chebisyev dan nilai Z). Sebaran frekuensi data dan penyajiannya dalam bentuk grafik. Ruang contoh, kejadian, peluang suatu kejadian, peubah acak (sebaran, nilai tengah dan ragam), sebaran peluang diskret (binom, multinom, hipergeometrik, geometrik, poisson), sebaran peluang kontinu (normal) dan penerapannya. Penarikan contoh (sebaran t), pendugaan parameter dan pengujiannya (nilai tengah, beda dua nilai tengah, ragam, rasio dua ragam), pengenalan regresi dan korelasi, pengenalan analisis ragam, pengenalan statistika non-parametrik.

Gizi pangan (2-0 SKS)
Pengenalan tentang gizi, zat-zat gizi, hubungan gizi dengan pangan, pertanian, kesehatan dan tumbuh kembang. Pencernaan dan penyerapan, metabolisme gizi. Fungsi, kecukupan dan akibat kekurangan vitamin dan mineral bagi tubuh.  Masalah gizi, interaksi gizi, penilaian status gizi dan tinjauan program perbaikan gizi.

Alat dan Mesin Pengolahan (2-0 SKS)
Jenis dan prinsip kerja peralatan dan mesin pengolahan untuk pangan dan hasil pertanian (material handling equipment (conveyor, forklift, air combustion, pump), pembangkit tenaga (internal combustion engines, steam boiler, power transmission, burner, motor listrik), alat pengecil ukuran (crusher, miller, blender, slicer), Alat pencampur (dry mixer, wet mixer), alat pemisah/separator (centrifuge, filter, siever), alat pendingin (cooler,  freezer), alat pengering (electric drier, sun drier, burner drier), fermentor, alat pengemas (packer, wrapper), alat sterilisasi (autoclave, irradiazer), dan Alat pengatur kondisi ruang (fan, humidifier). Aplikasi peralatan dan mesin dalam berbagai industri penanganan dan pengolahan hasil pertanian.

Analisis kimia Hasil Pertanian (2-0 SKS)
Pengertian analisis, pengelompokan bahan makanan, tujuan analisis, tatacara dan syarat-syarat prosedur analisis bahan hasil pertanian. Metode umum penyimpanan contoh-contoh untuk keperluan analisis kimia dan fisika. Cara penentuan kandungan air, abu, protein, lemak dan minyak, karbohidrat, vitamin, mineral, zat anti gizi serta bahan aditif.

Fisiologi dan Teknologi Pascapanen (2-0 SKS)
Ruang   lingkup   mata  kuliah  ini  meliputi  pengertian  fisiologi  dan teknologi pasca panen, metabolisme dalam bahan hasil pertanian, pola respirasi  (klimakterik dan non klimaterik) kelayuan (senescene),  etilen, perubahan-perubahan fisik dan kimia pada pematangan, indeks panen, patologi pasca panen serta penanganannya. Efek suhu, RH, dan komposisi gas terhadap fisiologis, biokimia, kualitas dan kesegaran bahan hasil pertanian.

Pengawasan Mutu (2-0 SKS)
Mata kuliah ini memaparkan ruang lingkup pengawasan mutu pangan, peranan pengawasan dan standardisasi mutu pangan, unsur dan faktor mutu, pengendalian proses di industri pangan, evaluasi proses dan perbaikan mutu, pengukuran kinerja mutu dan kepuasan konsumen, populasi dan sampel, sistem pengambilan contoh, statistika pengawasan kualitas, pencemaran dan pemalsuan produk, serta Standard Nasional Indonesia (SNI) (SPB).

Sanitasi dan Keamanan pada proses Pengolahan (2-0 SKS)
Mata Kuliah ini menyajikan tentang regulasi hygiene dan sanitasi dalam pengolahan pangan baik nasional maupun internasional, sumber kontaminasi dan pengendaliannya, teknik dasar sanitasi, disain industri yang higienis, hygiene dan sanitasi sarana pengolahan, pembersihan dan disinfeksi, cleaning in place, personal hygiene, dan berbagai uji indikator sanitasi, manajemen pengelolaan limbah cair dan padat, proses pemusnahan limbah berbahaya, teknologi daur ulang, pelabelan dan informasi keamanan konsumen, SSOP, HACCP.

Metodologi Penelitian (2-1 SKS)
Mempelajari cara-cara melakukan penelitian ilmiah termasuk membuat usulan penelitian, pelaksanaan penelitian dan pembuatan laporan hasil penelitian. Selain itu membahas proses penelitian secara umum, mulai dari penentuan masalah, tinjauan pustaka, teknik sitasi,  penggunaan program pengelolaan pustaka (Mendeley), identifikasi variabel penelitian percobaan, pengamatan dan pengumpulan data, interpretasi hasil analisis percobaan, dan tata cara penulisan karya ilmiah (skripsi dan publikasi ilmiah serta tata cara seminar).

Rancangan Percobaan (2-1 SKS)
Pengertian dan ruang lingkup percobaan, unsur-unsur dasar percobaan (satuan percobaan, perlakuan, dan galat percobaan), asumsi-asumsi dasar suatu percobaan (ulangan dan fungsinya, faktor yang mempengaruhi banyaknya ulangan) dan pengendaliannya. Keilmiahan penelitian, prosedur penelitian, penentuan percobaan (percobaan tunggal dan faktorial). Klasifikasi Rancangan Percobaan (RAL, RAK, RBSL, RPT) dan analisisnya (analisis ragam). Asumsi yang mendasari analisis ragam (data berdistribusi normal dan mempunyai ragam yang sama). Transformasi data menjadi berdistribusi normal (Successive Interval Method). Analisis data yang tidak memenuhi asumsi analisis ragam (Statistika non parameterik). Pembandingan ganda.

Praktikum Analisis Fisikokimia Hasil Pertanian (0-2 SKS)
Meliputi implementasi konsep yang berhubungan dengan matakuliah Kimia Analitik, Sifat Fisik Hasil Pertanian, dan Analisis Kimia Hasil Pertanian.

Teknologi Proses Pengolahan (2-0 SKS)
Ruang lingkup matakuliah ini meliputi peranan teknologi proses pengolahan, pengenalan dan pemahaman proses pengolahan, factor-faktor yang mempengaruhi selama pengolahan, beberapa teknik pengolahan bahan pangan, meliputi pengolahan suhu tinggi, suhu rendah, pengeringan, fermentasi, pengasapan, ekstrusi, tekanan, iradiasi, gelombang mikro, pangan semibasah, teknik formulasi bahan.

Ekonomi Teknik (2-0 SKS)
Ruang lingkup ekonomi teknik. Biaya, keuntungan dan aliran dana. Hubungan antara nilai uang dengan waktu dan tingkat interest modal. Analisis biaya dengan NPV dan UACFA. Analisis alternatif dengan metode ROR (Payback periode, AAR, IRR, MIRR), PI, B/C, Break Event Analysis, Depresiasi.

Riset Operasi (2-0 SKS)
Pemecahan problema untuk mengoptimalkan berbagai penggunaan sumberdaya yang terbatas ketersediaannya dangan pemrograman linier (linier programming) menggunakan metode simplek dan penerapannya dalam bentuk khusus masalah transportasi, penugasan (waktu dan divisi ganda) dan transshipment.

Bahan Tambahan Pangan dan Toksikologi (2-0 SKS)
Ruang lingkup mata kuliah meliputi manfaat dan bahaya penggunaaan bahan tambahan pangan (BTP), peraturan yang mengatur penggunaan BTP dan macam-macam BTP beserta fungsi dan toksikologinya.

Legislasi Pangan (2-0 SKS)
Mata kuliah ini membahas sistem perundangan-undangan di Indonesia dan internasional di bidang pangan, proses penyusunan undang-undang dan peraturan di bawahnya, peraturan perundangan yang berkaitan dengan pangan.

Tata Letak dan Perancangan Pabrik (2-0 SKS)
Ruang lingkup perancangan pabrik. Perencanaan unit pengolahan pangan skala kecil, termasuk perencanaan bahan dasar, proses, tata letak alat maupun tahapan proses. Perencanaan kapasitas, aliran dan penanganan bahan serta hubungan antar aktivitas.

Teknologi Pengawetan dan Pengemasan Hasil Pertanian (2-0 SKS)
Pembahasan mengenai usaha pengawetan bahan makanan yang Meliputi pengeringan, pengasapan, pengalengan, pemberian bahan-bahan tambahan kimiawi, pemanasan, pendinginan dan fermentasi.  Pengenalan tentang peranan dari fungsi pengemasan bahan pangan serta perkembangannya sejak pengemasan alamiah, tradisionil hingga mutakhir. Pengetahuan tentang jenis, karakteristik, berbagai bahan pengemas (gelas, logam, kayu, kertas, karton, plastik, bahan anti getaran, bahan kemas tradisional, edible coating).Persyaratan labeling pangan, smart packaging.

Uji Sensoris (2-0 SKS)
Pengenalan sifat sensoris dan ujinya, indra dan pengukuran respon, persyaratan uji sensoris, pemilihan panelis, laboratorium uji sensoris, penyiapan dan persiapan uji, uji pembedaan, uji afeksi (hedonic, mutu hedonic, skala), uji deskripsi, uji konsumen, prosedur standard dan beberapa contoh penerapan uji sensoris, statistika dalam uji sensoris.

Praktikum Mikrobiologi Hasil Pertanian (0-2 SKS)
Teknik umum dan prosedur standar analisis mikrobiologis, pembuatan dan sterilisasi media, teknik aseptik, jenis medium, factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan mikroba, teknik isolasi dan pemindahan kultur, identifikasi dan karakterisasi mikroba sederhana, pengamatan mikroskopik (morfologi sel yeast, bakteri, jamur), perhitungan mikroba (hitungan cawan, MPN). analisa kualitas udara, ruang dan manusia/pekerja. Uji koliform, Uji mikroba pathogen pangan, dan analisis antimikroba.

Praktikum Teknologi Pengolahan Produk Hasil Pertanian (0-3 SKS)
Praktikum mencakup dasar-dasar penanganan dan proses pengolahan pasca panen pada buah dan sayur, teknologi pengawetan, pengolahan teknologi legum, serealia, dan umbi, teknologi kue dan roti; pengolahan teknologi hasil ternak dan perairan, pengolahan pangan, termasuk pengemasan, uji sensoris dan pemasaran.

Praktikum Biokimia dan Gizi (0-2 SKS)
Praktikum meliputi implementasi konsep yang berhubungan dengan mata kuliah Biokimia (perubahan komposisi kimia pada hasil pertanian, factor-faktor yang menyebabkan kerusakan protein, factor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim, isolasi DNA tanaman secara sederhana) dan Evaluasi Nilai Gizi.

Praktikum Teknologi Pengolahan Minyak, Lemak, Rempah dan Minyak Atsiri (0-2 SKS)
Mata kuliah praktikum ini diberikan kepada mahasiswa THP semester VII dan ruang lingkup matakuliah praktikum ini meliputi ekstraksi minyak dan lemak, pengolahan minyak dan lemak dari berbagai sumber, pemurnian sederhana minyak, analisa sifat fisik dan kimia minyak dan lemak, identifikasi rempah-rempah, pengolahan berbagai jenis rempah dan pengolahan minyak atsiri.

Pengembangan Produk dan Pemasaran (2-0 SKS)
Dasar pengembangan produk, disain produk, alat pengembangan produk bahan pangan, Jenis produk baru untuk suatu perusahaan, aplikasi teknologi baru dalam industri, simulasi produk baru, Interaksi manusia dengan organisasi dan strategi pemasaran.

Teknologi dan Manajemen Pangan Halal (2-0 SKS)
Mata kuliah ini membahas landasan filosofi pangan halal, halal dan haram dalam Islam, sejarah sertifikasi halal, UU No. 33/2014 tentang Sistem Jaminan Halal, pengetahuan bahan, sistem jaminan halal HAS 23000: dokumentasi dan implementasinya, audit dan sertifikasi halal.

Teknologi Buah dan Sayur (2-0 SKS)
Pengetahuan dasar mengenai sayur-sayuran dan buah-buahan. Sifat fisik dan kirniawi dari buah-buahan dan sayur-sayuran tropis dan sub tropis. Penanganan dalam bentuk segar, pengolahan dan pengawetannya.

Teknologi Fermentasi (2-0 SKS)
Menerangkan pengertian dan sejarah fermentasi, dasar-dasar proses fermentasi, pengelolaan mikroba. pengembangan inokulum, medium, sterilisasi, aerasi dan agitasi, kinetika proses fermentasi, optimasi proses, rancang bangun fermentor, pengunduhan dan pemurnian hasil.

Teknologi Gula dan Polisakarida (2-0 SKS)
Ruang lingkup mata kuliah meliputi sumber dan jenis-jenis gula, struktur dan sifat fisikokimia gula dan polisakarida, manfaat, nilai gizi, sifat sensoris gula dan nilai ekonominya, serta ekstraksi dan pengolahan gula dan polisakarida dari berbagai sumber.

Teknologi Legum, Serealia dan Umbi (2-0 SKS)
Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi pengantar pengetahuan dasar tentang legume, serealia dan umbi, sifat fisik, sifat kimia, struktur, komposisi, cara penyimpanan serta cara pengawetan legume, serealia dan umbi.  Dalam mata kuliah ini juga dibahas tentang perbaikan kualitas, pengolahan dan pengembangan produk dari bahan dasar legume, serealia dan umbi.

Teknologi Karet dan Tembakau (2-0 SKS)
Pengetahuan dasar mengenai komoditi karet dan tembakau. Penanganan pasca panen dan cara-cara pengolahan dari komoditi hasil perkebunan tersebut dan penyimpanannya. Standarisasi mutu produk olahan dan produk sekunder.

Teknologi Bahan Penyegar (2-0 SKS)
Pengetahuan dasar mengenai komoditi teh, kopi, dan coklat. Penanganan pasca panen dan cara-cara pengolahan dari komoditi hasil perkebunan tersebut dan penyimpanannya. Standarisasi mutu produk olahan dan produk sekunder.

Teknologi Minyak dan Lemak (2-0 SKS)
Overview industri minyak dan lemak (bahan baku, pengolahan, produk industri), sumber minyak dan lemak, sifat-sifat fisik dan kimiawi minyak dan lemak, ekstraksi dan pemurnian minyak dan lemak, kerusakan minyak dan lemak, pengemasan, pengolahan lemak dan minyak sebagai bahan pangan (emulsifier, margarin, mentega), dan non-pangan (sabun, surfaktan, biodiesel).

Teknik Uji Mikrobiologi (2-0 SKS)
Prinsip-prinsip uji mikrobiologi. Teknik pengambilan sampel, Teknik Aseptis, Media, Isolasi dan identifikasi mikroorganisme, pengamatan morfologi mikroorganisme dengan mikroskop, teknik uji mikrobiologi pada hasil pertanian, Uji mikroorganisme patogen dan pengujian antimikroba.

Evaluasi Gizi dalam Pengolahan (2-0 SKS)
Ketersediaan zat gizi pangan, Faktor-faktor penyebab kehilangan zat gizi dalam pengolahan hasil-hasii pertanian. Berbagai akibat perlakuan fisis, kimiawi, perlakuan biologis terhadap nilai gizi. Cara-cara evaluasi gizi terhadap produk-produk olahan pertanian, evaluasi gizi secara invitro dan invivo, etical clereance.

Manajemen Mutu Industri Hasil Pertanian (2-0 SKS)
Sistem manajemen mutu, prinsip-prinsip manajemen mutu,  dokumentasi dan manual mutu, Total Quality Management, ISO series, SNI 01-4852-1998 tentang Sistem Analisa bahaya dan pengendalian titik kritis (HACCP) serta pedoman penerapannya, HAS 23000 tentang Sistem Jaminan Halal.

Teknologi Pengolahan Pangan Fungsional (2-0 SKS)
Pengertian pangan fungsional, pangan fungsional dan kesehatan (nutrigenomic, nutribolomic,nutriceutical), golongan dan persyaratan pangan fungsional, perkembangan pangan fungsional, bahan pangan fungsional (herbal dan non herbal), peraturan tentang pangan fungsional, tahapan pengembangan pengembangan pangan fungsional dan klaim pangan fungsional.

Teknologi Rempah dan Minyak Atsiri (2-0 SKS)
Ruang lingkup matakuliah ini meliputi pengenalan jenis dan sejarah rempah, manfaat rempah, prinsip kerja olfaktori, penanganan pasca panen rempah, produk rempah, rempah dan kuliner dunia, ragam dan fungsi minyak atsiri, teknik ekstraksi minyak atsiri, teknik pemurnian minyak atsiri dan mutu minyak atsiri.

Teknologi Kue dan Roti (2-0 SKS)
Ruang lingkup matakuliah ini meliputi beberapa Pengetahuan dasar, pengenalan bahan,faktor-faktor yang berpengaruh, pengenalan peralatan, istilah-istilah dalam teknologi bakery, tahapan proses dalam teknologi bakery, serta pengolahan dan pengembangan produk olahan.

Teknologi Pemanfaatan Limbah (2-0 SKS)
Mata kuliah ini mencakup pengertian, peraturan, sasaran, penggolongan dan jenis-jenis pengolahan limbah (secara fisik, kimiawi dan biologis). Desain teknologis berlanjut untuk manajemen pengelolaan limbah (cair, padat dan gas) serta proses pemusnahan limbah berbahaya; teknologi daur ulang termasuk penghilangan nutrient pada limbah, produksi energy dari limbah cair, padat dan gas serta manajemen beserta contoh penanganan limbah dalam produk olahan.

Teknologi Enzim (2-0 SKS)
Definisi enzim, penggolongan dan tata nama enzim. Sumber-sumber enzim dan metode ekstraksinya. Pemurnian enzim. Karakterisasi enzim, Kinetika Enzim, Faktor yang mempengaruhi aktivitas enzim, Enzim amobil. Aplikasi teknologi enzim pada industri.

Thermobakteriologi (2-0 SKS)
Probabilitas kehidupan mikroba, kriteria proses yang optimal konsep waktu kematian thermal, nilai D, nilai Z, dan nilai F. Berbagai cara untuk menentukan waktu sterilisasi komersial. Teknik pengukuran efisiensi sterilisasi secara matematis dan grafis. Teknik pengukuran Fo di laboratorium.

Teknologi Fortifikasi Pangan (2-0 SKS)
Pengertian fortifikasi pangan, tujuan umum fortifikasi, sejarah dan perkembangan fortifikasi pangan dunia, isue-isue mutakhir tentang fortifikasi, kelebihan dan kekurangan program fortifikasi, jenis-jenis fortifikan, pangan pembawa (food vehicle), teknologi fortifiksi pangan, biofortifikasi, undang-undang tentang fortifikasi, tantangan fortifikasi ke depan, dan strategi intervensi produk fortifikasi.

Teknologi penyimpanan dan manajemen pergudangan (2-0 SKS)
Ruang lingkup matakuliah ini meliputi faktor-faktor yang berperan dalam penyimpanan, metode dan teknik penyimpanan dan penggudangan berbagai komoditas dan produk industri pangan, pengendalian hama gudang dan tata kelola gudang dan pendistribusian barang.

Teknologi Hasil Perikanan (2-0 SKS)
Ruang lingkup matakuliah ini meliputi jenis, potensi dan peluang pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan, penanganan pasca panen hasil perikanan, pengolahan ikan dengan teknik tradiosional dan modern, teknologi pengolahan surimi, gelatin, alginate dan karagenan serta kitin-kitosan.

Teknologi Hasil Peternakan (2-0 SKS)
Pengetahuan dasar mengenai hasil-hasil peternakan meliputi struktur, komposisi, sifat-sifat kimia, fisika dan mikrobiologis. Perubahan-perubahan yang terjadi setelah pascapanen, kualitas hasil ternak, cara pengukuran kualitas, cara penyimpanan, pengawetan. Pengembangan produk-produk olahan dari hasil peternakan.

Teknologi dan Manajemen Jasa Boga (2-0 SKS)
Mempelajari tentang perencanaan, manajemen dan pengorganisasian usaha jasa boga, pengawasan mutu, sanitasi hingga pemasaran usaha jasa boga.

Kuliah Kerja Nyata (0-3 SKS)
Bentuk Kuliah Kerja Nyata adalah mengaplikasikan hasil-hasil yang telah diperoleh selama kuliah pada kehidupan nyata dimasyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat pada lokasi dan waktu tertentu.

Praktik Kerja Lapang (0-2 SKS)
Bentuk praktek kerja lapang adalah magang kerja di lembaga atau instansi pemerintah atau swasta yang berhubungan dengan bidang teknologi hasil pertanian atau mahasiswa melakukan praktek sendiri dengan bantuan dosen pembimbing selama jangka waktu tertentu.

Seminar (0-2 SKS)
Seminar meliputi presentasi usulan penelitian (Seminar I) dan hasil penelitian (Seminar II) yang dilakukan berdasarkan proses penulisan skripsi.

Skripsi (0-6 SKS)
Skripsi merupakan laporan hasil penelitian yang dilakukan secara mandiri di bawah bimbingan dosen pembimbing dan diuji oleh dosen penguji. Penelitian yang dilakukan didahului oleh proposal penelitian yang diseminarkan sebelum melakukan penelitian. Hasil penelitian juga diseminarkan sebelum ditulis dalam bentuk laporan yang memenuhi kriteria pedoman penulisan skripsi Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman